Search for collections on Aro Gapopin Repository

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Optik Voorfo di Nunukan, Kalimantan Utara

Tasya, Meutia Kultsum (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Optik Voorfo di Nunukan, Kalimantan Utara. D3 thesis, ARO GAPOPIN.

[thumbnail of Tesis] Text (Tesis)
Tasya Meutia Kultsum 18138.pdf - Published Version

Download (632kB)

Abstract

This study was aimed to analyze the effect of service quality on customer satisfaction of Voorfo Optics in Nunukan, North Kalimantan. The type of research conducted is explanatory research with quantitative approach. The number of samples in this study amounted to 30 respondents with non-probability sampling techniques with a purposive sampling approach. Data collection is done by means of the dissemination of questionnaires that have been tested validity and reliability. Respondents to this study were Voorfo Optics customers domiciled in Nunukan, North Kalimantan. The study used a simple linear regression analysis. The results showed that the quality of service had a significant positive effect on customer satisfaction. Conclusion of customer satisfaction will form a positive perception of Voorfo Optics and quality service can be done by improving the quality of service.
Keywords: quality of service, customer satisfaction, optics

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Optik Voorfo di Nunukan, Kalimantan Utara. Jenis penelitian yang dilakukan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 30 responden dengan teknik pengambilan sampel non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuisioner yang telah di uji validitas dan reabilitas. Responden pada penelitian ini adalah pelanggan Optik Voorfo yang berdomisili di Nunukan Kalimantan Utara. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Simpulan kepuasan pelanggan akan membentuk persepsi positif terhadap Optik Voorfo dan pelayanan yang bermutu dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas pelayanan.
Kata Kunci: kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, optik

Item Type: Tesis (D3)
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, optik
Subjects: 600 Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 658 Manajemen umum
Divisions: Refraksi Optisi dan Optometri > Manajemen dan Wirausaha Optik
Depositing User: Pak Susilo
Date Deposited: 16 May 2023 06:41
Last Modified: 16 May 2023 06:42
URI: http://repository.arogapopin.ac.id/id/eprint/119

Actions (login required)

View Item
View Item