Search for collections on Aro Gapopin Repository

KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN REFRAKSI OPTISI REFRAKSIONIS OPTISIEN OPTIK NAY DI SERANG BANTEN

Tituk, Yuana Widiyati (2022) KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN REFRAKSI OPTISI REFRAKSIONIS OPTISIEN OPTIK NAY DI SERANG BANTEN. D3 thesis, Aro Gapopin.

[thumbnail of Tesis] Text (Tesis)
Tituk Yuana Widiyati 19033.pdf - Published Version

Download (211kB)

Abstract

This study aims to determine customer satisfaction with the refraction service of the Nay Optics Optientist in Serang Banten. The population in this study are consumers or customers at Optik Nay. This type of research is field research that uses facultative methods using a system of observation, interviews and documentation in the form of photos during the interview process. The sampling system used in this study is purposive, namely respondents who meet 3 criteria, namely patients or regular customers, adult age (30-50 years) and reactive respondents. The first step is to get 15 respondents and the second step is to sort out the results of the interviews, where the same opinion and response will be represented by one person and the researcher gets 6 respondents to be included in this study. Data analysis was carried out by comparing the results of interviews from 6 respondents. The results showed that the responses about RO services at Optik Nay from the six respondents were different, there were negative and positive responses.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pelanggan terhadap pelayanan refraksi optisi Refraksionis Optisien Optik Nay di Serang Banten. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen atau pelanggan di Optik Nay. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang memakai metode fakultatif dengan menggunakan sistem obeservasi, wawancara dan dokumentasi berupa foto saat proses wawancara. Sistem pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara purposive yaitu responden yang `memenuhi 3 kriteria yaitu pasien atau pelanggan tetap, umur dewasa (30-50 tahun ) dan responden yang reaktif. Langkah pertama mendapat 15 responden dan langkah kedua dengan cara memilah hasil wawancara yang pendapat dan respon yang sama akan di wakili oleh satu orang dan peneliti mendapatkan 6 responden untuk dicamtumkan dalam penelitian ini. Analisis data dilakukan denngan membandingkan hasil wawancara dari 6 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon tentang pelayanan RO di Optik Nay dari keenam responden berbeda-beda ada respon negatif dan positif.

Item Type: Tesis (D3)
Uncontrolled Keywords: Customer satisfaction, Service, Refractionist, Optik Nay
Subjects: 600 Teknologi (Ilmu Terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan > 621. Ilmu Refraksi Optisi dan Optometri
Depositing User: Admin IT Tirta
Date Deposited: 15 Mar 2023 08:32
Last Modified: 15 Mar 2023 08:32
URI: http://repository.arogapopin.ac.id/id/eprint/52

Actions (login required)

View Item
View Item